Audit Mutu Internal Prodi Tadris Bahasa Indonesia dan KPI

ami_tbi-dan_kpi_lpm_iai_al-qolam

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAI Al-Qolam Malang kembali melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) pada hari Senen (15/02/2021). Kegiatan AMI kali ini adalah audit mutu Program Studi Tadris Bahasa Indonesia dan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI).

Kegiatan AMI ini melanjutkan program penjaminan mutu internal yang pelaksanaannya sudah direncanakan sejak tahun lalu.

AMI untuk Prodi Tadris Bahasa Indonesia dilakukan oleh Muhammad Hasyim sebagai auditornya. Pelaksanaannya dilaksanakan di ruang rapat IAI Al-Qolam Malang. Adapun AMI untuk Prodi KPI dilaksanakan di ruang Fakultas Syariah, dengan auditornya adalah Ratih Permata Sari.

Ketua LPM IAI Al-Qolam Malang, M. Zainul Mukhtar, mengatakan bahwa kegiatan AMI kali ini berbeda dengan kegiatan-kegiatan AMI sebelumnya. “Jika sebelumnya instrumen yang digunakan berbasis pada Microsoft Excel, maka kali ini instrumennya menggunakan Google Form,” tuturnya.

Namun proses pelaksanaan terjadi beberapa kali error. Hal ini menyebabkan proses pelaksanaannya sedikit terkendala. Hanya saja, berkat koordinasi pihak-pihak terkait maka kendala tersebut berhasil ditangani.

Zainul Mukhtar mengatakan bahwa terjadinya error tersebut adalah risiko yang luput dari perkiraan. “Pengalaman ini menjadi peluang bagi kami untuk menyempurnakan media instrumen yang baru saja kami buat,” pungkasnya.

Setelah proses AMI sudah dilaksanakan, para auditor menyampaikan temuan-temuan mereka dalam sesi penutupan. Kedua auditor memaparkan beberapa praktik baik dan beberapa kekurangan yang dimiliki oleh dua Prodi auditee.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *