Simulasi Asesmen Lapangan Daring Prodi PIAUD IAI Al-Qolam

asesmen lapangan piaud iai lapangan

Menjelang Asesmen Lapangan (AL) Prodi PIAUD untuk akreditasi tahun 2021 ini, diselenggarakan simulasi AL. Simulasi ini bertujuan untuk memantapkan kesiapan Prodi PIAUD dalam AL mendatang.

Simulasi AL tersebut dilaksanakan secara daring dengan menggunakan media konferensi Zoom pada hari Senen (01/03/2021).

Dr. Fajri Ismail berperan sebagai asesor dalam simulasi ini. Dia adalah salah seorang anggota LPM (Lembaga Penjaminan Mutu) di UIN Raden Fatah Palembang. 

Pelaksanaan Simulasi AL ini berawal dari informasi mengejutkan di SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online) BANPT yang tiba-tiba menyatakan bahwa proses asesmen lapangan Prodi PIAUD IAI Al-Qolam Malang harus dilanjutkan. Padahal, berkas akreditasinya diajukan pada akhir tahun 2019 silam, namun karena meledaknya pandemi COVID19 akhirnya Prodi PIAUD IAI Al-Qolam dinyatakan terakreditasi secara otomatis tanpa proses asesmen lapangan. Namun belakangan status asesmen lapangan itu tercantum kembali dalam web SAPTO.

Zainul Mukhtar, Ketua LPM (Lembaga Penjaminan Mutu) IAI Al-Qolam Malang, mengaku cukup terkejut dengan status baru Prodi PIAUD tersebut. “Namun, setelah bermusyawarah dengan pihak-pihak terkait, kami bertekad melanjutkan proses AL itu hingga tuntas,” ungkapnya.

Ketua Prodi PIAUD, Norma Ita Sholichah, menyatakan bahwa simulasi AL ini sangat membantu dalam mempersiapkan prodinya menghadapi AL nanti. “Banyak masukan dan kiat-kiat yang sudah diberikan oleh Pak Fajri untuk menghadapi proses AL kelak,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah, Muhammad Masykur Baiquni. Dia mengaku bahwa proses simulasi ini membantunya lebih memahami lagi hal-hal yang harus  disiapkannya terkait proses AL kelak. “Biar bagaimanapun Prodi PIAUD berada di bawah Fakultas yang saya pimpin, maka prosesnya tentu melibatkan banyak hal dari Fakultas Tarbiyah,” tutupnya.

Kegiatan Simulasi AL Prodi PIAUD Fakultas Tarbiyah IAI Al-Qolam ini berakhir setelah jam istirahat siang.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *