LPM Universitas Al-Qolam Malang

Workshop SPMI Tahap Satu

Workshop SPMI Tahap Satu

  • admin
  • January 21, 2022
  • 0 comments

Batu. Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam turut berperan dalam penyusunan SPMI yang diselenggarakan konsorsium penjaminan mutu se Kopertai wilayah IV Surabaya pada tanggal 19 – 20 Januari 2022 di Hotel Ciptaningati Batu. Hal ini menjadi sikap serius para pemangku mutu di lingkungan perguruan tinggi untuk menentukan bukti sahih (SPMI) yang akhirnya menjadi acuan perguruan tinggi dalam melakukan beberapa tugas utama, terlebih SPMI merukan bagian terpenting tidak hanya secara internal namun eksternal (akreditasi) menjadi penilaian utama pada point mutu.

Workshop tahap satu ini merupakan langkah awal pemetaan dokumen yang nantinya akan diwujud serta disahkan oleh pejabat perguruan tinggi sekaligus ketua konsorsium dan pejabat Kopertais Wilayah IV Surabaya (tutur Tim Ahli Kopertais).

Adanya workshop SPMI ini menindaklanjuti dari peraturan Kementrian Pendidikan, Kebudayan dan Ristek Dikti No. 03 Tahun 2020 terkait Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Sehingga ini menjadi sikap serius perguruan tinggi untuk membuat dan atau merevisi seluruh dokumen SPMI yang dimiliki sebelumnya. Alhasil pemetaan awal dari dokumen SPMI ini yakni fokus pada penetapan standar wajib sebanyak 24 point yang terintegrasi dengan permenristek. Tidak hanya itu, penekanan pada aspek standar tambahan turut menjadi point penting pada penetapan standar dengan tujuan adanya penciri perguruan tinggi sebagai basic yang nantinya bisa dibuktikan dengan dokumen tambahan. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *