Menyambut Pelatihan Audit Mutu Internal Tahap II: Peningkatan Kualitas Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di Wilayah IV Surabaya

Di Sidoarjo, dari hari Kamis-Sabtu, pada tanggal 16-18 Maret 2023, Kopertais Wilayah IV Surabaya akan mengadakan Pelatihan Audit Mutu Internal (AMI) untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) yang akan diadakan di GreenSA Inn, Jalan Raya Bandara Juanda, Walan, Sedati Agung, Kec. Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61253.

Berdasarkan informasi yang disampaikan dalam Pelatihan Audit Mutu Internal Tahap 1 yang berlangsung di Hotel Santika Premiere Gubeng, Jalan Raya Gubeng No. 54 Kec. Gubeng, Kota Surabaya pada tanggal 24 Februari 2023, diumumkan bahwa akan ada Pelatihan AMI Tahap II selanjutnya. Bedanya, Pelatihan Tahap 2 kali ini diikuti oleh 108 Perguruan Tinggi di Jawa Timur yang berada di bawah naungan Kopertais Wilayah IV Surabaya, sedangkan sebelumnya diikuti oleh 109 Perguruan Tinggi.

Pada Pelatihan Audit Mutu Internal Tahap 2, terdapat beberapa kegiatan yang dijadwalkan. Pertama, dilakukan penjelasan mengenai Grand Desian AMI Kopertais IV Surabaya oleh Bapak Ahmad Fauzi, M.Pd.I., diikuti dengan penjelasan tentang hasil penyusunan instrumen AMI. Selanjutnya, disajikan presentasi mengenai penyusunan instrumen AMI berdasarkan standar Pendidikan, Penelitian, dan PkM, serta verifikasi dan validasi instrumen AMI. Salah satu acara menarik dalam Pelatihan AMI Tahap 2 ini adalah sosialisasi atau demonstrasi pengembangan instrumen e-AMI PTKIS Kopertais Wilayah IV Surabaya, yang dipresentasikan oleh Sekretaris LPM UINSA, Ahmad Yusuf, M.Kom. Tujuan dari Pelatihan AMI ini adalah untuk menyusun Buku Panduan AMI yang dilengkapi dengan instrumen AMI berdasarkan 24 standar SN DIKTI.

Acara Pelatihan Audit Mutu Internal Tahap 2 ini secara resmi dibuka oleh Dr. M. Hasan Ubaidillah, S.H.I., M.Si. (Sekretaris Kopertais Wilayah IV Surabaya) dengan membaca Basmalah. Sebelum memulai acara, beliau memperkenalkan formasi baru di Kopertais Wilayah IV Surabaya dengan harapan agar layanan bagi Perguruan Tinggi keislaman di Jawa Timur dapat dilakukan dengan lebih cepat. Beliau juga berharap agar Lembaga Penjaminan Mutu dapat menjadi sangat baik dan mampu membawa setiap Perguruan Tinggi menuju akreditasi yang minimalnya baik. Beliau menutup dengan harapan agar terdapat perguruan tinggi yang berkategori unggul.

Selain itu, Sekertaris Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) STEI Masyarakat Madani Pamekasan, Muhammad Hamimulloh S.Pd., S.H., M.H., hadir sebagai perwakilan dari IAI Al-Qolam Malang dan mengikuti seluruh rangkaian Pelatihan yang diadakan oleh Kopertais Wilayah IV Surabaya.

Acara Pelatihan Audit Mutu Internal Tahap 2 Kopertais Wilayah IV Surabaya ditutup oleh Dr. K. H. Ilhamullah Sumarkan, M.Ag., selaku Wakil Koordinator Kopertais Wilayah IV Surabaya.