Penguatan Efektivitas Sistem Penjamin Mutu Internal di Kampus IAI Al-Qolam Malang

Malang, 3 Agustus 2023 – Kampus IAI Al-Qolam Malang kini mengembleng upaya maksimal guna meningkatkan efektivitas pelaksanaan sistem penjamin mutu internal sebagai bagian dari persiapan penting menghadapi proses akreditasi. Langkah ini dilakukan guna memastikan bahwa kualitas pendidikan yang diselenggarakan di kampus ini memenuhi standar yang ditetapkan oleh lembaga akreditasi.

Lembaga Penjamin Mutu di kampus tersebut telah mengambil serangkaian langkah konkret untuk memastikan sistem penjamin mutu internal berjalan dengan baik dan menghasilkan dampak yang nyata pada peningkatan kualitas pendidikan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah peningkatan kualifikasi dan kompetensi tim penjamin mutu internal.

M Zainul Mukhtar M.Pd, Ketua Lembaga Penjamin Mutu Kampus IAI Al-Qolam Malang, menjelaskan, “Persiapan akreditasi ini menjadi momentum penting bagi kami untuk melakukan evaluasi mendalam terhadap seluruh aspek pendidikan yang kami tawarkan. Kami telah mengadopsi pendekatan yang lebih terstruktur dalam mengumpulkan data, menganalisis hasil, dan mengidentifikasi area perbaikan. Hal ini juga melibatkan kolaborasi erat antara dosen, staf, dan mahasiswa.”

Sistem pemantauan kinerja mahasiswa juga menjadi perhatian utama dalam persiapan akreditasi ini. Kampus IAI Al-Qolam Malang telah merancang metode evaluasi yang komprehensif, mencakup pencapaian akademik, partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, serta pengembangan soft skills. Data-data ini tidak hanya digunakan sebagai bahan evaluasi internal, tetapi juga sebagai bukti konkret untuk menggambarkan kontribusi kampus terhadap perkembangan holistik mahasiswa.

Selain itu, kampus ini juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan dan industri, terkait guna mendapatkan wawasan lebih luas tentang tuntutan dan perkembangan di dunia pendidikan dan pekerjaan. Kolaborasi ini membantu mengarahkan perbaikan kurikulum dan pendekatan pembelajaran agar lebih relevan dan responsif terhadap kebutuhan dunia nyata.

Menyongsong proses akreditasi, kampus IAI Al-Qolam Malang juga memberikan perhatian serius terhadap fasilitas dan sarana pendukung pembelajaran. Peningkatan infrastruktur dan teknologi menjadi bagian integral dari usaha mewujudkan lingkungan belajar yang kondusif dan modern.

Dalam menghadapi era persaingan global yang semakin ketat, Kampus IAI Al-Qolam Malang terus menunjukkan komitmen kuatnya dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan penguatan efektivitas sistem penjamin mutu internal, kampus ini optimis dapat menghadapi proses akreditasi dengan keyakinan dan memberikan kontribusi berarti bagi dunia pendidikan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *