Coaching Clinic by LAMEMBA

Sidarjo, 1-3 Desember 2023 bertempat di Hotel Halogen Sidoarjo, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAI Al-Qolam bersama Ketua Program Studi Akuntansi Syari’ah dan Manajemen Bisnis Syari’ah melakukan hearing dalam bentuk pelatihan best practice pengisian Data Evaluasi Diri (DED) dan DKPS (Data Kuantitatif Program Studi) oleh Konsorsium Lembaga Penjaminan Mutu Kopertais Wil. IV Surabaya dan Asesor LAMEMBA UNESA Surabaya. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini di ikuti oleh setidaknya 78 Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta di wilayah Jawa Timur. Kegiatan ini bertujuan akan pentingnya informasi dan proses penyamaan persepsi terkait pengisian data utama sebelum di unggah pada akun LEXA masing-masing perguruan tinggi. Kiat-kiat yang dilakukan yakni bagaiman Program Studi pada perguruan tinggi agama islam swasta setidaknya bisa bersaing dengan kampus negeri prihal kualitas akreditasi yakni dengan predikat Unggul.

Prodi, AKS dan MBS IAI Al-Qolam sebagai Prodi baru di lingkungan Al-Qolam tentu berupaya agar prodi yang dimiliki bisa bersaing dengan PTKIS yang lain. Dan inilah yang dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Al-Qolam agar bisa mengarahkan pada kualitias mutu prodi yang tertuang pada siklus PPEPP/OSDAT.

Tuntutan sesuai per undang-undangan bahwa prodi wajib mengajukan akreditasi pertama maksimal dua tahun sejak menerima mahasiswa baru, maka lembaga penjaminan mutu bergerak untuk memaksimalkan proses in dan out mutu pada program studi baik melaluai sosialiasi sampai pada audit mutu internal. Harapan besar dengan adanya kegiatan ini bahwa akreditasi atau eksternal quality assurance tidak lagi menjadi kegiatan yang melelahkan maupun membingungkan, tetapi menjadi pendorong kualitas mutu agar menjadi program studi yang baik.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *