Asesmen Lapangan Program Tadris Bahasa Indonesia IAI Al-Qolam Malang oleh LAMDIK

Malang, 8 Desember 2023

Institut Agama Islam Al-Qolam Malang menjalani asesmen lapangan yang ketat sebagai bagian dari proses akreditasi untuk program Tadris Bahasa Indonesia yang diselenggarakan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Asesmen ini dilaksanakan pada tanggal 6-7 Desember 2023 dan dipandu oleh dua asesor terkemuka, Dr. Kastam Syamsi, M.Ed dan Prof. Dr. Nani Sholihati, M.Pd.

Dua hari asesmen lapangan ini bertujuan untuk mengevaluasi sejumlah aspek kritis dari program Tadris Bahasa Indonesia di IAI Al-Qolam Malang. Asesor, Dr. Kastam Syamsi, M.Ed, yang memiliki keahlian dalam bidang pendidikan, dan Prof. Dr. Nani Sholihati, M.Pd, seorang pakar bahasa Indonesia, memimpin tim asesor untuk menilai kualitas kurikulum, metode pengajaran, fasilitas, sumber daya manusia, dan pencapaian akademis mahasiswa.

Dr. Kastam Syamsi menyatakan, “Proses asesmen lapangan ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa program Tadris Bahasa Indonesia di IAI Al-Qolam Malang memenuhi standar tinggi yang ditetapkan oleh LAMDIK. Kami sangat mengapresiasi keterbukaan dan kerjasama yang ditunjukkan oleh institusi selama asesmen ini.”

Prof. Dr. Nani Sholihati menambahkan, “Asesmen ini juga memberikan kesempatan bagi lembaga untuk memamerkan keunggulan dan inovasi dalam penyelenggaraan program Tadris Bahasa Indonesia. Dengan panduan rekomendasi yang kami berikan, kami berharap lembaga dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan yang diselenggarakan.”

Setelah menyelesaikan asesmen lapangan, asesor memberikan rekomendasi dan umpan balik konstruktif kepada IAI Al-Qolam Malang. Langkah selanjutnya melibatkan evaluasi lebih lanjut oleh LAMDIK sebelum keputusan akhir akreditasi dikeluarkan.

Proses asesmen ini tidak hanya menunjukkan komitmen IAI Al-Qolam Malang untuk meningkatkan mutu pendidikan, tetapi juga sebagai upaya untuk mendukung visi dan misi lembaga dalam memberikan pendidikan berkualitas tinggi di bidang Tadris Bahasa Indonesia. Keberhasilan akreditasi akan menjadi tonggak penting dalam mengukuhkan posisi lembaga sebagai penyelenggara pendidikan yang terpercaya dan unggul.

Editor: MH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *